Senin, 20 Desember 2010

AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN

Pengertian Akuntansi
Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha atau the language of business. Akuntansi berkaitan dengan proses pencatatan, pengklasifikasikan dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan transaksi perusahaan dan kejadian lainnya.
Pengertian akuntansi menurut ahli-ahli
Pengertian akuntansi adalah bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.
Sedangkan menurut para ahli-ahli akuntansi yaitu:
Ahli 1
Menurut American Accounting Association ( AAA ). Akuntansi itu merupakan :
"Proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut ".
Ahli 2
Definisi akuntansi menurut Arnold:
Definisi akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk menyediakan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.
Ahli 3
Definisi akuntansi menurut C. West Churman:
“sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Ahli 4
Definisi akuntansi menurut Widjaya Tunggal:
"Akuntansi sering kali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan (language of business) yang berguna untuk memberikan informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi ini merupakan data yang disajikan/diperoleh perusahaan yang bersifat keuangan dan dinyatakan dalam istilah-istilah moneter.

Fungsi Akuntansi
Akuntansi dilengkapi dengan teknik untuk menghimpun dan diutamakan untuk menghubungkan data ekonomi ke dalam bermacam macam bentuk perusahaan baik perorangan maupun lembaga, guna mengetahui status perusahaan dan kondisi keuangan suatu perusahaan serta bagaimana kemungkinannya pada masa mendatang. Bankers dan pemilik barabg sangat memperhatikan berita finansiil dari organisasi perusahaan guna menetapkan tingkat resiko yang berkaitan dengan pinjaman atau kredit yang diberikan. Badan pemerintah sangat memerlukan laporan mengenai kegiatan financial dari perusahaan dengan tujuan sebagai dasar menentukan pajak dan peraturan-peraturan. Juga para pekerja dan wakil serikat buruh sangatlah berkepentingan agar mendapatkan gambaran kemantapan dan tingkat laba dari perusahaan dimana mereka bakarja.
Pihak-pihak yang berkepentingan
Internal : Karyawan dan manajemen
Eksternal : Pemilik sahan dan invetor
Pengertian laporan keuangan
Laporan keuangann hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.
Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misal, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana, catatan juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga


Isi laporan keuangan
Neraca, menginformasikan posisi keuangan pada saat tertentu, yang tercermin pada jumlah harta yang dimiliki, jumlah kewajiban, dan modal perusahaan.
Perhitungan laba rugi, menginformasikan hasil usaha perusahaan dalam suatu periode tertentu.
Laporan arus kas, menginformasikan perubahan dalam posisi keuangan sebagai akibat dari kegiatan usaha, pembelanjaan, dan investasi selama periode yang bersangkutan.
Perubahan modal, berisikan ringkasan perubahan dalam kapital dari suatu kesatuan di dalam jangka waktu tertentu.
Laporan laba rugi
Merupakan ringkasan pendapatan dan beban dari satu kesatuan perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Misalnya satu bulan atau satu tahun.
Bentuk laba rugi
LAPORAN LABA RUGI
per 31 Desember 2008
Pendapatan dari penjualan Rp. 99.980.000 Harga Pokok Penjualan Rp. 25.000.000
----------
(-)
Laba Kotor 74.990.000
Biaya Operasional :
- Biaya Pemasaran Rp. 5.000.000
- Biaya Administrasi & Umum Rp. 1.250.000
--------- (+)
6.250.000
----------

(-)
Laba Usaha Rp. 68.740.000
Pendapatan Lain-lain Rp. 125.000
----------
(+)
Laba sebelum Bunga dan Pajak Rp. 68.865.000
Bunga Rp. 199.000
----------
(+)
Laba sebelum Pajak Rp. 69.064.000
Pajak Rp. 1.275.000
----------
(-)
Laba Bersih Rp. 67.789.000
Tujuan laporan keuangan
Tujuan umum adalalah menyediakan informasi yg menyangkut posisi keuangan suatu perusahaan yg bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi serta menunjukkan kinerja yg telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber-sumber daya yg dipercayakan kepadanya.
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut suatu laporan keuangan menyajikan informasi mengenai perusahaan meliputi:
1. Aktiva
2. Kewajiban
3. Ekuitas
4. Pendapatan dan beban termasuk keuntungan
5. Arus kas
Sumber : (http://dahlanforum.wordpress.com/2008/04/21/pengertian-laporan-keuangan/), (http://id.wikipedia.org/wiki/Laporan_laba_rugi),(http://blog.re.or.id/tujuan-laporan-keuangan.htm) http://magfirahathar.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar