Senin, 20 Desember 2010

Pemasaran

Pengertian Pasar dan Pemasaran

Secara umum pengertian pemasaran adalah untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pemasaran memiliki dua hal yaitu:
• Pertama, pemasaran merupakan filosofi sikap perspektif atau orientasi manajemen yang menekankan pada kepuasan konsumen
• Kedua, pemasaran adalah sekkumpulan aktivitas yang digunakan untuk mengimplertasikan filosofi ini.
Pengartian pasar adalah orang-orang yang mempunyai kebutuhan akan produk yang kita pasarkan dan memiliki daya beli yang cukup guna memenuhi kebutuhan. Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat pertemuan pembeli dan penjual. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional sehari-hari. Perbedaan tersebut karena pasar menurut pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran.
Pengertian pemasaran menurut Para ahli
Menurut WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. (Fundamental of marketing, 1997)
Menurut H. Nystrom Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Menurut Philip dan Duncan Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. (pemasaran, 2001)
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Menurut Organisasi.Org Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu. Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
Menurut Kotler Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. (manajemen pemasaran 2000)


Jenis-jenis pasar

1. Pasar konsumen
Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluargannya.
2. Pasar Pedagang
Pasar pedagang adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatka laba
3. Pasar Industri
Pasar industri adalah kelompok organisasional yang membeli produk dan jasa untuk dijual kembali atau diproses menjadi produk lain yang akan dijual untuk kepentingan organisasinya.
4. Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah yang melakukan proses pembelian produk yang terkait pada layanan publik
5. Pasar Internasional
Secara umum pasar internasional adalah berdasarkan aspek geografis (nasional, regonal, maupun global). Indikator yang dapat dipergunakan unutk analisis pasar internasional adalah pertumbuhan penduduk, GDP, GNP, Ekspor-impor, Kehidupan sosial, Konsumsi, Militer, dan Investasi.

Konsep-konsep pemasaran

• Konsep produksi
• Konsep produk
• Konsep penjualan
• Konsep pemasaran
• Konsep pemasaran sosial
• Konsep pasar

Manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan distribusi ide-ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang saling memuaskan antara individu dan organisasi.

Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran. Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 Yaitu : Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), dan saluran distribusi.
Tujuan sistem pemasaran

Tujuan sistem pemasaran adalah berusaha meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat. Pada saat tujuan itu tercapai, dirasakan bahwa kebebasan memilih masyarakat masih belum memadai. Sehingga perlu dikembangkan tingkat pilihan konsumen yang maksimum. Konsumen yang bebas memilih akhirnya perlu dilindingi oleh jaminan bahwa pilihan mereka akan meningkatkan kualitas hidupnya.


SUMBER : buku Pemasaran penerbit Universitas Gunadarma
http://ngapackers.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar