PENDAHULUAN :
Saya ingin memberi tahu perusahaan yang berkegiatan di Pasar Monopoli Indonesia
RUMUSAN MASALAH :
1.
Memberitahu bahwa Pasar monopoli ada di Indonesia
TUJUAN :
1.
Mengetahui apa saja perusahaan yang ter libat
dalam pasar monopoli (PT.PLN)
PEMBAHASAN :
Pengertian monopoli
Monopoli
adalah suatu situasi dalam pasar dimana hanya ada satu atau segelintir
perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu yang tidak punya
pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi perusahaan atau pengusaha lain untuk
masuk dalam bidan industri atau bisnis tersebut. Dengan kata lain, pasar
dikuasai oleh satu atau segelintir perusahaan, sementara pihak lain sulit
masuk didalamnya. Karena itu, hampir tidak ada persaingan berarti.
Secara
umum perusahaan monopoli menyandang predikat jelek karena di konotasikan dengan
perolehan keuntungan yang melebihi normal dan penawaran komoditas yang lebih
sedikit bagi masyarakat, meskipun dalam praktiknya tidak selalu demikian. Dalam
ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industri diproduksi dan
dijual oleh satu perusahaan yang disebut monopolis atau perusahaan monopoli.
Jenis
monopoli
Ada
dua macam monopoli. Pertama adalah monopoli alamiah dan yang kedua adalah
monopoli artifisial. Monopoli alamiah lahir karena mekanisme murni dalam pasar.
Monopoli ini lahir secara wajar dan alamiah karena kondisi objektif yang
dimiliki oleh suatu perusahaan, yang menyebabkan perusahaan ini unggul dalam
pasar tanpa bisa ditandingi dan dikalahkan secara memadai oleh perusahaan lain.
Dalam jenis monopoli ini, sesungguhnya pasar bersifat terbuka. Karena itu,
perusahaan ain sesungguhnya bebas masuk dalam jenis industri yang sama. Hanya
saja, perusahaan lain tidak mampu menandingi perusahaan monopolistis tadi
sehingga perusahaan yang unggul tadi relatif menguasasi pasar dalam jenis
industri tersebut.
Yang
menjadi masalah adalah jenis monopoli yang kedua, yaitu monopoli artifisial.
Monopoli ini lahir karena persekongkolan atau kolusi politis dan ekonomi antara
pengusaha dan penguasa demi melindungi kepentingan kelompok pengusaha tersebut.
Monopoli semacam ini bisa lahir karena pertimbangan rasional maupun irasional.
Pertimbangan rasional misalnya demi melindungi industri industri dalam negeri,
demi memenuhi economic of scale, dan seterusnya. Pertimbangan yang
irasional bisa sangat pribadi sifatnya dan bisa dari yang samar-samar dan besar
muatan ideologisnya sampai pada yang kasar dan terang-terangan. Monopoli ini
merupakan suatu rekayasa sadar yang pada akhirnya akan menguntungkan kelompok
yang mendapat monopoli dan merugikan kepentingan kelompok lain, bahkan
kepentingan mayoritas masyarakat.
Ciri
pasar monopoli
Adapun
yang menjadi ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
1. Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan. Dari
definisi monopoli telah diketahui bahwa hanya ada satu saja perusahaan dalam
industri tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkannya tidak
dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau
mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan
monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh
perusahaan monopoli itu, dan konsumen tidak dapat berbuat suatu apapun didalam
menentukan syarat jual beli.
2. Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip. Barang yang
dihasilkan perusahaan monopoli tidak dapat digantikann oleh barag lain yang ada
didalam pasar. Barang-barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang
seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggantikan.
3. Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industri.
Sifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai
kekuasaan monopoli. Keuntungan perusahaan monopoli tidak akan menyebabkan
perusahaan-perusahaan lain memasuki industri tersebut.
4. Dapat mempengaruhi penentuan harga. Oleh karena
perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar, maka
penentuan harga dapat dikuasainya. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang
sebagai penentu harga.
5. Promosi iklan kurang diperlukan. Oleh karena perusahaan
monopoli adalah satu-satunya perusahaan didalam industri, ia tidak perlu
mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau ada yang menggunakan
iklan, iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, melainkan untuk
memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
PT. PLN Adalah Perusahaan Pemerintah yang bergerak dalam
bidang Pengadaan listrik, yang bernaung pada kementrian BUMN. Ini Visi dan misi PT.PLN
VISI
Diakui sebagai perusahaan kelas
dunia yang bertumbuh kembang, unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada
potensi insane
Misi
Misi Perusahaan:
- Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham,
- Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,
- Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi,
- Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
Saya menilai dari Visi misi di atas bahwa PLN merasa harus
kuat di penyupaiaan listrik dan tidak ingin memiliki saningan dalam menjalankan
tugasnya, PLN seakan Di lindungi Oleh pemerintah Indonesia dalam menjalankan roda
perusahaan mereka ingin di anggap sebagai perusahaan terbaik di dunia, tapi
menurut saya kalau perusahaan ini ingin maju di dunia nereka juga harus
memiliki saingan di dalam negerinya sendiri, supaya masyarakat bisa menilai
mana yang baik dan buruk dalam perusahaan listrik yang ada. Namun perusahaan
ini meiliki kerumitan dalam permasalahan biaya yang besar dalam membeli bahan
bakar.
Kesimpulan :
Bahwa PT.PLN adalah perusahaan yang tidak ingin memiliki
saingan dalam perusahaan tersebut karena perusahaan ini memiliki sumberdaya (bahan
bakar) yang rumit untuk menyupai listrik ke seluruh Indonesia. Karena itu
mungkin perusahaan lain enggan dalam membangun perusahaan seperti ini
Saran :
Lebih baik pemerintah menerima perusahaan yang mau menyuplai
listrik selain PLN siapa tahu mereka menemukan alternative dalam bahan bakar
www.pln.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar