Senin, 18 Oktober 2010

SISTEM EKONOMI

SISTEM EKONOMI
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
Dalam hal ini system ekonomi terbagi dalam berbagai jenis yaitu:
• Sitem ekonomi pasar
• Sistem ekonomi pasar campuran
• Sistem ekonomi terencana

SISTEM EKONOMI PASAR
Sistem ekonomi pasar adalah suatu system perekonomian yang tergantung pada sebuah lingkungan dimana konsumen dan produsen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Contoh Negara yaitu Korea Selatan, Mesir, Inggris dan Brazil.
SISTEM EKONOMI PASAR CAMPURAN
Sistem ekonomi pasar campuran adalah system ekonomi yang menggabungkan dua unsur sistem ekonomi yaitu ekonomi pasar dan terencana. Contoh Negara yaitu Amerika Serikat dan Kuba
SISTEM EKONOMI TERENCANA
Sistem ekonomi terencana adalah ekonomi yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, selanjutnya kepemilikan pemerintah atas factor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara, bila factor produksi tersebut telah matang maka pemerintah akan memberikannya kepada kaum buruh. Contoh Negara yaitu RRC dan Korea Utara.
Belakang-belakangan ini sedang banya pemerintahan yang menggukan sistem EKONOMI ISLAM karana sistem tersebut tidak berpengaruh besar pada krisis global setahun belakangan ini.

SISTEM EKONOMI ISLAM
Sistem ekonomi islam adalah ilmu yang mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat).
Berikut ini adalah sistem ekonomi menurutpara ahli :
1. S.M. Hasanuzzaman,
“ilmu ekonomi Islam adalah pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencarian dan pengeluaran sumber-sumber daya, guna memberikan kepuasan bagi manusia dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakat.”
2. M.A. Mannan,
“ilmu ekonomi Islam adalah suatu ilmu pengetahuan social yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang memiliki nilai-nilai Islam.”
3. Khursid Ahmad,
ilmu ekonomi Islam adalah “suatu upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.”

4. M.N. Siddiqi,
ilmu ekonomi Islam adalah respon “para pemikir muslim terhadap tantangan-tantangan ekonomi zaman mereka. Dalam upaya ini mereka dibantu oleh Al Qur’an dan As Sunnah maupun akal dan pengalaman.”
5. M. Akram Khan,
“ilmu ekonomi Islam bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.”

6. Louis Cantori,
“ilmu ekonomi Islam tidak lain merupakan upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.”
SUMBER : (putracenter.net ), ( xlvalezlx.blogspot.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar